sangQolbu | Jam 03.00 teng… masih sunyi, tik tak tik tuk… suara jam yang istiqomah terus bergerak dari angka satu hingga angka 12. Seperti jantung kita yang terus bergerak meski tubuh kita tidak bergerak alias tidur. Ternyaman dalam menulis di dini hari membuat saya berfikir untuk berbuat sesuatu, alhasil beberapa buku dibuka untuk dibaca beberapa halaman. Setiap kalimat yang terbaca ternyata ada rasa yang membuat saya berfikir lebih dari yang biasanya. Beberapa guru yang telah saya tanyakan perihal bagaimana cara kita dapat menguasai ilmu, yakni sedikitkan tidur dan banyaklah membaca, yang terbaik sebelum shubuh.

Kita harus sadar bahwa kita manusia yang memiliki otak untuk berfikir

Kenapa manusia ingin maju atau berubah menjadi lebih baik? yakni karena ia mengawalinya dengan berfikir untuk merubah pola yang lain dari sebelumnya. Dan ternyata dengan daya berfikir manusia lebih bergairah dalam melakukan aktitifasnya. Tidur memang anugerah, tetapi bila sepanjang hidup kita lebih banyak tidurnya maka yang terjadi adalah hidup kita sangat tidak optimal dalam menggunakan daya berfikir.

Berfikir waras, sadar bahwa Allah Swt memberikan otak kepada manusia yang kita harus pahami bahwa kita adalah berbeda dengan binatang. Maka dengan daya berfikir maka manusia memiliki kesempurnaan sikap, perilaku, dan hidup menjadi lebih sehat.

Alhamdulillah, siapa lagi kalo bukan kita sendiri yang berfikir untuk kebaikan hidup kita.

838 Total Views 2 Views today

Comments

comments